Kamis, 06 April 2017

Tugas Etika profesi & komunikasi

ETIKA & MORAL


1.jelaskan definisi etika & moral menurut anda
Erika adalah ilmu yang mempelajari tentang perbuatan baik Dan buruk yang Berdasar dari akal pikiran manusia.
Moral adalah ajaran mengenai perbuatan baik Dan buruk manusia dalam menyikapi kewajiban, akhlak, budi pekerti, Dan susila.J
2. Jelaskan etika & moral yang harus dilaksanakan sebagai seorang akademisi dan individu dalam masyarakat !
Akademis
Moralitas adalah sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan kebaikan. Bertingkah laku baik, bagi peserta didik seharusnya terwujud dalam seluruh pola kehidupan yang berarah kepada keluarga, guru dan teman.
Etika ialah studi tentang cara penerapan hal yang baik bagi hidup manusia yang menurut Solomon, 1984:2, mencakup dua aspek:
  1. Disiplin ilmu yang mempelajari nilai-nilai dan pembenarannya.
  2. Nilai-nilai hidup nyata dan hukum tingkah laku manusia yang menopang nilai-nilai tersebut.
Makna atau arti etika lebih mengarah pada tindakan yang sadar dan disengaja. Istilah etika ditinjau dari segi makna atau arti, hampir sama dengan moral, tetapi dalam pemakaian ilmiah, moral biasanya hanya menyangkut kebaikan atau keburukan secara lahiriah atau kelihatan dari apa yang sebenarnya terjadi. Jadi etika adalah suatu perbuatan yang dilakukan dengan sengaja sebagai hasil yang tegas berdasarkan analisa dan akal budi yang menyangkut pemikiran sistematik tentang kelakuan, motivasi dan keadaan batin yang menyadarinya.
Untuk melihat sikap batin maupun perbuatan lahir dibutuhkan suatu alat, yakni ukuran moral berdasarkan pengalaman dan pengamatan, kiranya daapt kita katakana bahwa sekurang-kurangnya kita mengenal adanya dua ukuran yang berbeda, yakni ukuran yang ada dalam hati kita dan ukuran yang dipakai oleh orang lain waktu mereka menilai diri kita.
Individual
Menurut Drs.Haryanto, MA. Bahwa Etika merupakan instrumen dalam masyarakat untuk menuntun tindakan (perilaku) agar mampu menjalankan fungsi dengan baik dan dapat lebih bermoral.
Poedjawijatna mengatakan bahwa etika merupakan cabang dari filsafat. Etika mencari kebenaran dan sebagai filsafat ia mencari keterangan (benar) yang sedalam-dalamnya. Sebagai tugas tertentu bagi etika, ia mencari ukuran baik-buruknya bagi tingkah laku manusia. etika hendak mencari, tindakan menusia manakah yang baik manakah yang tidak baik atau buruk.
Berents menggambarkan konsep etika dalam beberapa arti salah satu diantaranya dan biasa yang digunkan orang adalah kebiasaan, adat atau ahlak dan watak.
Menurut salam burhanudin etika adalah sebuah refelksi kritis dan rasional m engenai nilai dan norma moral yang menetukan dan terwujud dalam sikap dan pola prilaku manusia, baik secara pribadi maupun sebagai kelompok.
Magnis suseno mengatakan baha etika adalah ilmu dan bukan sebuah ajaran yang memberikan kita norma tentang bagaimana kita harus hidup adalah moralitas.
Dalam kamus besar bahasa indonesia departemen pendidikan dan kebudayan disebut :
  1. Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral,
  2. Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan ahlak ,
  3. Nilai mengenai benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat.
Menurut Hobes etika berkaitan dengan standar perilaku diantara orang-orang dalam kelompok sosial.
Menurut Bratawijaya etika adalam ilmu pengetahuan tentang asas-asas ahlak atau moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar